Tuesday, May 26, 2015

Masjid Al-Fathonah, Rumah Sakit PELNI, Petamburan, Jakarta Barat

Kesehatan merupakan salah satu anugerah ALLAH SWT yang terbesar yang diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Itulah kenapa guru-guru dan ulama-ulama kita dalam setiap awal ceramah dan khutbahnya selalu mengajak umat untuk mensyukuri nikmat sehat ini setelah nikmat Iman dan nikmat Islam. Salah satu cara mensyukuri nikmat secara keseluruhan adalah dengan beribadah kepada ALLAH SWT, dan salah satu cara lain mensyukuri nikmat sehat adalah dengan menjenguk orang sakit atau minimal melihat keadaan orang-orang yang sedang sakit agar kita mengetahui betapa berharganya nikmat sehat ini.

Nah, shalat berjama'ah di sebuah masjid yang berada di dalam komplek rumah sakit akan menggabungkan keduanya. Dengan shalat berjama'ah di masjid berarti kita mensyukuri nikmat dari ALLAH SWT seluruhnya. Dan dengan berada di lingkungan rumah sakit, dimana kemungkinan besar kita akan melihat orang yang sedang sakit dengan berbagai macam ragamnya, insyaALLAH memudahkan kita untuk lebih mensyukuri nikmat sehat utamanya.

Bagi sahabat mushalli yang melakukan perjalanan baik dengan sepeda motor, mobil, maupun Mikrolet (M. 09, M. 09A, dan M. 11) dari arah Palmerah, Slipi, dan sekitarnya menuju ke Pasar Tanah Abang atau daerah Petamburan dan sebaliknya, selain lewat Jl. Pejompongan dan Jl. KH. Mas Mansyur, tentunya akan melintasi Jl. Aipda KS. Tubun.






Jl. Aipda KS. Tubun atau biasa disebut hanya Jl. KS. Tubun ini adalah jalan yang menghubungkan antara daerah Slipi di wilayah Jakarta Barat dengan Tanah Abang yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Jalan ini membentang sepanjang kurang lebih 2 km, dan Rumah Sakit Pelni berada di pertengahan jalan ini, atau sekitar 1 km, baik dari arah Slipi maupun dari arah Tanah Abang. Di dalam komplek RS. Pelni ini ada sebuah masjid yang bernama Masjid Al-Fathonah. Posisinya ada di pojokan sebelah kanan parkiran mobil. Sejajar dengan masjid ini sebelumnya adalah Food Court CFC, CafeBon Francis, Bank Mandiri, dan Bank BRI.







Sekedar info tambahan, persis di seberang RS. Pelni ada juga sebuah masjid yaitu Masjid Jami' Al-Islam. InsyaALLAH pada lain kesempatan kita akan ulas masjid ini.

Di selasar depan Masjid Al-Fathonah ini ada tempat penitipan tas, sepatu, dan sandal. Demi ketenangan dan kekhusyukan dalam shalat, tidak ada salahnya kita titipkan barang-barang kita di penitipan ini. Untuk tas bisa juga kita bawa ke dalam area shalat karena di depan shaf pertama masih ada space yang cukup luas untuk meletakkan barang-barang bawaan kita.



Tempat wudhu dan toilet berada di sisi belakang (sayap kanan kalau menghadap ke barat / arah kiblat). Kebersihan keduanya sangat baik. Tempat wudhu dan toilet laki-laki dan wanita bersebelahan, dan bagusnya, untuk wanita, tempat wudhu bersama toiletnya tertutup.






Area shalat dibagi menjadi 2 bagian. Untuk laki-laki di bagian depan dan wanita di bagian belakang. Pemisahnya adalah sekat semi permanen yang cukup tinggi. Pintu masuknya pun terpisah. Untuk laki-laki bisa masuk dari pintu di sayap kanan atau kiri masjid, sedangkan pintu masuk wanita dari belakang. 4 unit AC masing-masing dua unit di depan dan belakang, membuat kita lebih mudah untuk khusyuk dalam shalat. Dekat mic adzan juga ada countdown waktu iqomah, yang memudahkan jama'ah untuk mengukur waktu apabila ingin mendirikan shalat sunnah tahiyyatul masjid maupun qobliyah.






Selesai shalat, imam rawatib akan mengajak jama'ah untuk membaca Surt Al Fatihah sebagai bagian dari do'a untuk kesembuhan keluarga maupun pasien lainnya yang sedang sakit maupun dirawat di Rumah Sakit Pelni ini. Memang benar, berapa banyak saudara-saudara kita yang sedang dirundung sakit dan merindukan untuk bisa shalat berjama'ah di masjid. Untuk itulah, ketika nikmat sehat masih dikandung badan, walaupun dalam perjalanan, walaupun panas terik, walaupun dikejar-kejar target, mari kita dirikan shalat berjama'ah di masjid.

Demikian ulasan Shalat Di Mana? kali ini, semoga ALLAH SWT selalu melimpahkan nikmat sehat dan tentunya nikmat Iman dan nikmat Islam kepada kita dan keluarga.

No comments:

Post a Comment