Saturday, May 9, 2015

Masjid Baitul Zafir, Petir, Tangerang

Bagi sahabat mushalli yang melakukan perjalanan dari Cengkareng, Duri Kosambi, Rawa Buaya, dan sekitarnya menuju daerah Petir, Pondok Bahar Permai, ataupun Green Lake City dan sekitarnya ataupun arah sebaliknya yang melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan, bisa menemukan sebuah masjid yang nyaman untuk bersinggah dan melaksanakan shalat berjam'ah.









Namanya Masjid Baitul Zafir. Letak masjid ini berada di mulut Perum Griya Permata, Petir, Tangerang. Kalau sahabat mushalli dari arah Cengkareng, posisi masjid ini ada di sebelah kanan jalan. Patokannya, di sebelah kiri ada lapangan futsal, lantas ambil kanan menyeberangi jembatan mendekati pintu masuk Perum Griya Permata. Masjid berada di sisi kiri jalan masuk Perum Griya Permata. Di sisi kanan jalan masuk Perum Griya Permata ada Alfamart yang berjajar persis dengan Indomart. Adanya dua minimarket yang berjajaran ini cukup membantu sebagai patokan, karena sependek pengamatan kami, hanya ada satu lokasi di daerah sini di mana dua minimarket tersebut berada persis bersebelahan.



Secara umum masjid bisa dibilang bersih, rapi, dan nyaman dengan ruang shalat yang dilengkapi AC dan pintu yang tertutup. Karpet di beberapa shaf awal juga sangat bersih. Lantai keramiknya pun juga bersih dan nyaman untuk shalat di atasnya. Pencahayaan juga bagus. Tempat shalat wanita ada di sayap kiri belakang dengan pembatas semi permanen. Tersedia juga sarung dan mukena di lemari yang terletak di belakang tempat shalat Akhwat (wanita).






Sayangnya posisi tempat wudhu dan toilet berada di belakang masjid (sisi arah kiblat) sehingga agak merepotkan. Untuk tempat wudhu dan toilet Ikhwan (laki-laki) lewat sayap kanan masjid, sedangkan untuk tempat wudhu dan toilet Akhwat (wanita) lewat sayap kiri masjid. Kebersihan keduanya lumayan walaupun juga perlu mendapat perhatian lebih dari pengurusnya demi kenyamanan jama'ah.






Untuk parkiran, sangat luas baik untuk mobil dan motor. Karena tidak adanya penjaga parkir, tidak ada salahnya mengunci ganda kendaraan, atau kalau mau lebih aman, dapat parkir di parkiran minimarket (ruko) yang ada penjaga parkirnya.



Secara keseluruhan, masjid ini sangat layak untuk menjadi tempat istirahat kita saat melakukan perjalanan, baik berangkat / pulang kerja, silaturahmi, ataupun keperluan lainnya. Ya, istirahat, istirahat dengan shalat.

Sekian Shalat Di Mana? kali ini, semoga membantu sahabat mushalli sekalian menemukan masjid dan mendirikan shalat.

No comments:

Post a Comment