Tuesday, February 10, 2015

Masjid Baiturrahman, Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Masjid ini sangat pas bagi para sahabat mushalli sekalian yang datang dari arah Blok M, Kebayoran Lama, Radio Dalam, Arteri, dan sekitarnya yang mau menuju ke Lebak Bulus, Pasar Jum'at, Jl. Tb. Simatupang, dan seterusnya via Jl. Ciputat Raya / Jl. Pondok Pinang Raya. Sependek pengetahuan kami, sepanjang Jl. Ciputat Raya / Jl. Pondok Pinang Raya ini hanya ada 1 masjid pinggir jalan, yaitu masjid Jami Al Ittihad dan 1 musholla setelah Pasar SMEA. Nah bagi sahabat yang perkiraan masuk waktu shalat di kisaran jalan raya ini, ada sebuab masjid lagi yang nyaman untuk shalat dan beristirahat. Namanya, Masjid Baiturrahman. Baiturrahman nampaknya menjadi nama masjid yang paling sering kami jumpai sejauh ini.

Lokasinya memang masuk ke dalam dari jalan raya sekitar 80 meter, tepatnya di Jl. Buana. Jl. Buana ini kalau dari arah Kebayoran Lama, setelah perempatan PPC (Pondok Pinang Center), sekitar 10 meter setelah SPBU Pondok Pinang dan sekitar 100 meter sebelum Gedung RPX/FEDEX. Kalau SPBU berada di sebelah kiri jalan, maka Jl. Buana terletak di sebelah kanan jalan sejajar dengan gedung RPX/FEDEX. Persis di mulut Jl. Buana ada apotek Kimia Farma. Berikut peta dan penampakan Jalan Buana :




Karena berada di dalam kavling perumahan, lingkungan masjid ini terasa tenang, jauh dari kebisingan. Parkiran mobil dan motor cukup luas, tinggal tambahkan saja kunci ganda pada kendaraan, karena di sana tidak ada tukang parkirnya.

Parkiran mobil

Parkiran motor

Di selasar depan, persis setelah masuk masjid langsung ada tempat wudhu dan loker untuk menaruh / menyimpan barang. Beberapa kali kami menaruh jaket dan helm di loker ini, alhamduliLLAH aman terkendali. Untuk tas maupun barang berharga lainnya sebaiknya dibawa ke dalam dan diletakkan di posisi paling kanan atau kiri shaf. Bagi yang mau ke toilet, ada di sayap kanan sisi depan masjid. Di sana juga ada tempat wudhu-nya.

Tempat wudhu depan, dekat pintu masuk masjid

Loker untuk menaruh barang (jaket, helm, dan sepatu)

Toilet dan tempat wudhu

Memasuki ruang shalat, kita disuguhi ruang shalat bergaya klasik dengan atap yang tinggi, sehingga walaupun tidak terlalu luas, hawanya tetap sejuk. Ditambah lagi dengan beberapa kipas angin yang menambah kesejukan. Imam rawatib (tetap) di masjid inipun bacaannya tartil dan sering membaca ayat-ayat Madaniyyah, namun tidak juga terlalu panjang, cocok sekali untuk beristirahat dengan shalat.

Selasar yang luas dan pintu masuk ke ruang shalat

Ruang shalat utama


Ruang shalat wanita di bagian belakang


Jarak antara adzan dan iqomah di masjid ini agak lama, sekitar 10 menit untuk shalat Maghrib dan Isya, sedangkan untuk Dzuhur dan Ashar sepertinya tidak jauh beda. Jadi ketika kita mendengar adzan di sekitaran Jl. Ciputat Raya / Jl. Pondok Pinang Raya, perempatan PPC, atau gedung FEDEX, maka tidak perlu khawatir tertinggal shalat berjama'ah, insyaALLAH cukup waktu untuk turut shalat berjama'ah tanpa perlu terburu-buru.

Sebagai tambahan, pada saat Maghrib dan Isya biasanya ada beberapa tukang jualan seperti siomay dan bakso di depan masjid (parkiran), jadi setelah atau sebelum beribadah dan sambil istirahat kita dapat menikmati jajanan pengganjal lapar tersebut.

Demikian, semoga membantu para sahabat mushalli sekalian untuk menemukan masjid di sekitaran Jl. Ciputat Raya / Jl. Pondok Pinang Raya.

No comments:

Post a Comment