Wednesday, February 4, 2015

Musholla Himmatul A'la, Jl. Radio Dalam Raya, Jakarta Selatan

Nah kali ini buat sahabat mushalli yang dari arah Blok M, Mampang, Senayan, dan sekitarnya menuju ke Pondok Indah, Lebak Bulus, Fatmawati, dan seterusnya yang melewati Jl. Radio Dalam Raya.

Dulu kami pernah shalat di musholla tersebut sebelum tahun 2013 dengan situasi yang sepi jama'ah, agak gelap, dan sulit untuk parkir mobil maupun motor (parkir motor di trotoar dan parkir mobil di pimggir jalan), walaupun musholla tetap dalam keadaan bersih dan rapi. Terakhir, kami shalat di sana akhir 2014 lalu, dan masyaALLAH.... Musholla tersebut sudah berubah banyak kalau tidak mau dibilang berubah total. Referrable sekali untuk mampir dan menikmati lezatnya shalat di masjid ini. BarakaLLAHU fiikum untuk para pengurusnya.

OK, kita mulai deskripsinya :

Pertama, Lokasi. Musholla ini terletak persis di pinggir Jalan Radio Dalam Raya. Kalau dari arah Blok M, posisinya sebelah kanan jalan, tidak sampai 100 meter dari Jl. Taman Radio Dalam VI atau sekitar 800 meter sebelum pertigaan yang ke kiri mau ke Fatmawati (Jl. Nawi Raya) dan ke kanan ke arah Pondok Indah (Jl. Margaguna). Berikut map-nya :



Kedua, Fasilitas. Walaupun kecil, tapi fasilitas-fasilitas di musholla ini OK punya. Berikut beberapa di antaranya :

Parkiran
Mulai dari parkiran yang walaupun tidak terlalu luas tapi tetap bisa untuk parkir motor dan mobil. Untuk motor bisa memuat 15-20 motor, sedangkan mobil bisa muat 2-3 mobil dengan posisi setengah di parkiran dan setengah di trotoar (Trotoar Jalan Radio Dalam Raya lebar dan tidak terlalu ramai), jadi insyaALLAH parkir kendaraan nyaman dan aman. Pagar yang dulunya berupa tembok di pinggir trotoar, sekarang terbuat dari besi yang bisa dibuka untuk parkir motor dan mobil.




Toilet dan Tempat Wudhu
Toilet sangat representatif dengan kebersihan dan penerangan yang sangat baik. Tempat wudhu-pun demikian. Air mengalir cukup deras.







Selasar dan Loker
Sebelum masuk ke ruangan shalat, ada selasar yang cukup luas untuk beristirahat sambil menunggu waktu shalat ataupun sebelum melakukan perjalanan kembali. Hebatnya lagi, di selasar ini juga tersedia Loker yang kuncinya tergantung di tempatnya. Kita dapat menaruh barang-barang kita seperti jaket, helm, sepatu, maupun tas di Loker ini. Kunci bisa kita bawa shalat dan kembalikan seperti semula setelahnya. InsyaALLAH aman, dan gratis pula.




Ruang Shalat
Ruang shalat tidak terlalu besar memang, hanya terdiri dari 6 atau 7 shaf. Tapi kondisinya sangat nyaman dengan AC berjumlah 4 buah dan penerangan yang sangat baik. Jama'ah Maghrib dan Isya berkisar antara 2-4 shaf. Tersedia pula ruang shalat khusus wanita di sayap kanan musholla.




Dengan kondisi demikian, sangat cocok rasanya bila musholla ini dijadikan tempat istirahat, istirahat dengan shalat bagi sahabat sekalian. Rasanya berinfaq untuk musholla ini selesai shalat terasa ringan sekali.



Sayang, belum ada plang yang menjorok keluar di depan musholla ataupun rambu lalulintas (masjid) beberapa puluh meter sebelumnya agar dapat terdeteksi oleh pengendara dari kejauhan. Semoga dengan tulisan ini, dapat mempermudah sahabat sekalian untuk memperkirakan tempat shalat saat perjalanan pulang kerja.

Sekian ulasan tentang Musholla Himmatul A'la. Himmatul A'la kira-kira berarti 'Semangat yang Tinggi'. Semoga memberikan semangat yang tinggi bagi kita untuk mendirikan shalat dan semangat yang tinggi pula untuk bertebaran mencari karunia ALLAH di bumi-Nya setelahnya.

No comments:

Post a Comment