Tuesday, March 3, 2015

Masjid Al Irfan, Komp. Dosen UI, Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan

Assalamu'alaikum warahmatuLLAHI wabarakatuh...

Udah beberapa lama ga update, insyaALLAH kita lanjut lagi blog Shalat Di Mana ?

Kali ini masih di wilayah Selatan Jakarta, tepatnya di daerah Situ Gintung.

Sahabat mushalli yang melintasi Jl. Raya Ciputat dari arah Lebak Bulus, Pasar Jum'at, Rempoa, dan sekitarnya bisa beristirahat sambil melakSanakan shalat dengan nyaman dan tenang di masjid yang akan kita bahas ini.

Masjid kita kali ini terletak di dalam Komplek Dosen Universitas Indonesia, Jl. Raya Ciputat atau Jl. Ir. H. Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Letak Komplek tersebut kalau dari arah Lebak Bulus atau Pasar Jum'at ada di sebelah kiri jalan, sekitar 100 meter dari pertigaan Jl. Pahlawan (arah Rempoa), persis setelah SPBU Pertamina yang baru (dulunya SPBU Petronas), seberAng Lotte Mart. Namanya Masjid Al Irfan.




Posisi masjid ini ada di sudut paling belakang komplek. Jadi kalau masuk komplek ini, bIsa langsung ambil kiri pas pos satpam sampai mentok, terus ke kanan juga sampai mentok. Atau bisa juga lurus dulu pas masuk komplek sampai mentok, belok kiri juga sampai mentok, baru ambil kanan. Kalau gampangnya, tanya aja sama bapak satpam di pos, orangnya pada 'welcome' kok.

Kenapa sih ribet banget harus nyari masjid yang nyempil di ujung komplek..., kan banyak masjid di pinggir jalan raya.

Eits nanti dulu... Masjid ini sangat strategis dari sisi jarak. Bagi sahabat mushalli sekalian yang sekitar 15-5 menit sebelum masuk waktu shalat berada di kisaran Lebak Bulus atau Pasar Jum'at mau ke arah Ciputat dan seterusnya, sependek penhetahuan kami, masjid inilah yang terdekat. Apalagi daerah ini hampir sepanjang waktu macet atau padat merayap, sehingga agak terlalu memaksakan kalau ingin mengejar ke Masjid UIN. Satu lagi yang tidak kalah penting, view masjid ini yang... SubhanaLLAH..., indah sekali, karena memang persis terletak di tepi Situ Gintung. Hadir di masjid ini beberapa waktu sebelum masuk waktu shalat, kita dapat menikmati kesejukan suasana sambil memandangi indahnya Situ Gintung.  Segala penat, capai, lelah, dan emosi saat bergulat dengan kemacetan hilang seketika.  AlhamduliLLAH dari waktu ke waktu jama'ah shalat Maghrib dan Isya dari golongan musaFir terus bertambah, walaupun jama'ah dari warga komplek itu sendiri cukup sepi, hanya berkisar 5-8 orang, mungkin karena masih banyak penghuninya belum sampai rumah, atau memang banyak rumah yang tidak dihuni, waLLAHU a'lam.

Berikut peta masjid tersebut :


Sekarang kita masuk ke deskripsi. Masjid ini terletak persis di sisi Situ Gintung, sehingga suasananya sangat sejuk. Apalagi dengan banyaknya pepohonan di sekitar masjid. Selasar yang luas membUat kita sangat nyaman untuk melepas lelah sejenak sambil menunggu datangnya waktu shalat.

Secara keseluruhan masjid ini bisa dibilang bersih dan rapi. Mulai dari tempat wudhu, toilet, sampai ke ruang shalat. Sepatu atau sandal bisa kita taruh di selasar sebelu, batas suci atau di rak sepatu, insyaALLAH aman. Untuk berwudhu atau ke toilet, ada beberapa pasang sandal maupun bakyak inventaris masjid. Parkir motor bisa di depan sekretariat masjid, sedangkan parkir mobil bisa di sepanjang pinggir jaLan sisi masjid, dan insyaALLAH juga aman dan tidak mengganggu, karena jalan yang cukup lebar dan sepi. Pencahayaan di dalam masjid sangat baik. Karpet masjid juga bersih. Pemisahan ruang shalat ikhwan dan akhwat pun sangat baik dengan hijab kain yang rapi. Berikut beberapa penampakannya
       
Parkir mobil di sepanjang pinggir jalan sisi masjid yang lebar dan sepi
(Gambar diambil dari dalam masjid shaf terdepan)

Parkir motor di depan sekretariat masjid


Pemandangan Situ Gintung dari selasar masjid



Toilet yang letaknya menempel di belakang sekretariat masjid



Selepas shalat di masjid ini kita akan segar kembali dalam mengarungi perjalanan pulang ke rumah untuk bertemu keluarga tercinta yang sudah menunggu.

Demikianlah pembahasan masjid kita kali ini pada blog Shalat Di Mana? Semoga dapat menjadi tambahan informasi bagi para sahabat mushalli sekalian yang melintasi Jl. Ciputat Raya.

'Rabbij'alni muqiimashshalaati wa min dzurriyatii'

No comments:

Post a Comment