Sunday, March 22, 2015

Musholla Baitul Maamoer, TipTop Swalayan, Ciputat, Tangsel

Sahabat mushalli, kali ini kita akan membahas tempat shalat pertama yang berada di komplek perbelanjaan. Saat membahas tentang Masjid Baiturrahman, Cipayung, Tangerang Selatan, kami sempat menyinggung tentang Musholla di dalam Swalayan TipTop, Cipayung, Tangerang Selatan. Sahabat mushalli yang lewat Jalan Raya R.E. Martadinata, Cipayung, Ciputat, Tangsel, tentu tahu TipTop Swalayan. Nah, di dalam komplek perbelanjaan islami ini, selain ada taman bermain anak dan food court, juga ada musholla-nya. Letaknya segaris jalan dengan Masjid Baiturrahman, Cipayung. Hanya saja kalau dari arah Lebak Bulus / Ciputat, Masjid Baiturrahman ada di sebelah kanan jalan, Swalayan TipTop ada di sebelah kiri jalan. Posisinya tidak jauh dari Samsat Ciputat, atau persisnya setelah Bengkel Mobil Suzuki Ciputat. Namanya, Musholla Baitul Maamoer.



Walaupun kecil, tapi musholla ini sangat apik dan modern, cocok sekali untuk menggambarkan sebuah komplek perbelanjaan modern yang mengusung konsep islami.


Mulai dari luar, di sisi belakang musholla ini ada tempat duduk untuk melepas sepatu / jaket, dan di bawahnya ada rak sepatu yang bisa kita gunakan menyimpan sepatu / sendal / ataupun jaket dan helm. Keamanan ? Jangan khawatir, di musholla ini ada dua orang karyawan, di mana yang satu seorang bapak paruh baya dan seorang ibu juga separuh baya. Kalau si bapak bertugas untuk adzan, maka si ibu berjaga di luar menunggui sekaligus membantu apabila ada jama'ah yang membutuhkan bantuan. Atas jasanya tersebut, gratis, sama sekali tidak dipungut bayaran, karena sepertinya mereka sudah digaji dengan baik oleh pengelola TipTop Swalayan. Tapi kalau mau shadaqoh untuk si ibu ya monggo juga. Selasar musholla juga nyaman untuk bersantai sejenak walaupun ukurannya kecil.



Tempat wudhu dan toilet dipisahkan antara pria (ikhwan) dan wanita (akhwat). Kondisi tempat wudhu dan toilet bersih dan terang, pun tidak terlalu ramai (hehehe... lucu ya, kita senang kalau masjid ramai, tapi juga ingin nyaman, dan kenyamanan baru bisa didapat kalau masjid tidak terlalu ramai).




Area shalat di masjid ini kecil, tapi sangat bersih dan sangat nyaman. Dengan AC yang dingin serta karpet tebal dan bersih membuat shalat menjadi tenang dan insyaALLAH mudah untuk khusyuk. Tempat shalat pria (ikhwan) di sisi depan dengan pintu masuk di sayap kanan dekat tempat wudhu dan pintu keluar ada di sayap kiri, sedangkan tempat shalat wanita (akhwat) di sebelah belakang dengan pintu masuk dan keluar tersendiri yang berada di sisi belakang musholla.




Musholla ini juga memiliki imam rawatib (imam tetap) yang entah memang karyawan TipTop atau memang khusus di-upah untuk menjadi imam di musholla tersebut, yang pasti, bacaannya tartil dan gerakannya tu'maninah.

Bagi sahabat yang kebetulan sedang memakai celana yang tidak menutup aurat atau merasa celananya kotor, bisa memakai sarung yang disediakan oleh pengelola musholla. Sepertinya mukena juga disediakan di tempat shalat wanita (akhwat).


Oiya, parkiran motor dan mobil juga luas dengan menggunakan parkiran swalayan tersebut, di mana parkiran motornya menempel dengan halaman musholla, dan parkiran mobil tidak jauh dari musholla (di depan dan belakang gedung Swalayan). Cukup membayar uang parkir 1.000 rupiah untuk motor dan 2.000 rupiah untuk mobil yang dibayarkan di pos parkir depan ketika masuk, kita sudah dapat shalat dan beristirahat dengan nyaman.




OK, sekian dulu pembahasan musholla pertama di dalam komplek perbelanjaan pada Shalat Di Mana ? Semoga memberikan manfaat.

No comments:

Post a Comment